Selamat Datang di Portal Pelajar

Tahukah Anda Perpustakaan Tertua di Dunia Berada Dimana?


  Dibangun pada tahun 859 Masehi, perpustakaan tertua di dunia “Khizanat al-Qarawiyyin” yang berada dalam kompleks University of Al Qarawiyyin rencananya akan kembali di buka untuk umum pada awal tahun 2017 setelah 4 tahun proses renovasi.

Berlokasi di wilayah Fez Madinah lama, Maroko, perpustakaan yang dibangun oleh seorang wanita bernama Fatima Al-Fihri yang merupakan anak dari saudagar kaya Tunisia yang tinggal di kota Fez.

Perlu diketahui bahwa di dalam perpustakaan Khizanat al-Qarawiyyin atau dikenal dengan nama internasional Qarawiyyin Library memiliki kamar khusus yang digunakan para ilmuwan di zaman dahulu mengisolasi dunia luar untuk menimba ilmu.

Naskah dan tulisan tertua milik Nabi Muhammad ﷺ, salinan “Muqaddimah” milik Ibnu Khaldun dari abad 14, dan 4.000 arsip kuno menjadi koleksi Qarawiyyin Library.

Proses pengerjaan renovasi Qarawiyyin Library dikerjakan oleh arsitek wanita asli Fez,  Aziza Chaouni, sejak tahun 2012 lalu dengan menelan biaya hingga jutaan dolar AS meliputi penambahan panel surya dan pendingin ruangan (AC).

Akan tetapi meskipun telah rampung pengerjaannya Qarawiyyin Library saat ini hanya diperuntukan khusus untuk akademisi dan peneliti, dan berharap dimasa mendatang akan dapat dibuka untuk publik. (Cnnarabic/Ram)

Sumber: Eramuslim

Ayo pesan buku Napas napas Taubat

☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆

kirim Berita tentang Pendidikan/tulisan/artikel/cerita Motivasi/ Pengalaman spiritual ilahiah yang mengispirasi serta kritik, saran donasi. Iklan dan sumbangan anda ke pelajarhariini
via BBM : D184F206
Wa. Telegram : 085278785775
Website  : Pelajarhariini.com
email     : forpelajarhariini@gmail.com
upgrade aplikasi android pelajarhariini.apk di

  https://www.dropbox.com/s/7fcm7j2hw7xf2ig/com.pelajarhariini.apk?dl=0

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Link here | Link here | Link here
Copyright © 2014. Media Belajar Jurnalistik - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Published by Cargam Template
Proudly powered by Blogger