Selamat Datang di Portal Pelajar

Indonesia Pada Fase Gelombang ke Tiga

Pada fase gelombang pertama indonesia lahir sebagai sebuah negara dan lepas dari penjajahan klasik, dengan muncul sebagai entitas negara yang baru merdeka dan masuk dalam konstalasi kekuatan geopolitik dunia.

Pada fase gelombang kedua, indonesia berada pada masa tahapan penuntasan urusan rumah tangganya sendiri, dengan penyiapan pondasi dan arah pembangunan yang mampu membawa indonesia dari sebuah negara yang baru merdeka menjadi sebuah negara berkembang.

Setelah era reformasi, idealnya bangsa ini harus mampu menuntaskan masa transisi dari negara berkembang menuju negara maju, namun kepemimpinan yang berjalan selama masa pasca reformasi mengalami perlambatan penuntasan masa transisi itu sendiri.

Selama kepemimpinan pasca reformasi paradoks terbesar yang dihadapi Indonesia adalah langit kita terlalu tinggi, namun kita terbang terlalu rendah, sehingga masa transisi itu menjadi jauh lebih panjang.

Butuh pilot baru yang tangguh dan mampu membawa indonesia terbang lebih tinggi dengan menembus berbagai badai yang ada dihadapan, sehingga indonesia dapat melewati masa transisi dari negara berkembang menjadi negara maju dan masuk dalam 5 besar kekuatan dunia.

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Link here | Link here | Link here
Copyright © 2014. Media Belajar Jurnalistik - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Published by Cargam Template
Proudly powered by Blogger