Selamat Datang di Portal Pelajar

SATU HURUFNYA BEGITU MENAKJUBKAN

Arafat || Channel Telegram:

Hari ini kita akan melihat bersama-sama bahwa Al-Quran adalah ayat-ayat Allah yang sangat detail sampai kepada hal terkecil, tidak ada kesalahan satupun. Bahkan meskipun hanya satu huruf tidak mungkin diletakkan begitu saja tanpa makna.

Saya tantang saudara menemukan satu huruf dalam surat Az-Zumar ini yang terlihat pada ayat 73, tetapi tidak disebutkan pada ayat 71. Padahal kalimatnya sama persis dan arti secara bahasa pun benar-benar sama.

حَتَّىٰ إِذَا جَاءُوهَا فُتِحَتْ أَبْوَابُهَا

Sehingga apabila mereka (orang-orang kafir) telah sampai (ke neraka) dibukakanlah pintu-pintunya [71]

حَتَّىٰ إِذَا جَاءُوهَا وَفُتِحَتْ أَبْوَابُهَا

Sehingga apabila mereka (orang-orang muslim) telah sampai (ke surga) dibukakanlah pintu-pintunya [73]

Saudara berhasil menemukannya? Ya, itulah huruf waw. Padahal jika diterjemahkan, kalimat tersebut memiliki arti yang sama dengan ataupun tanpa menyebutkan huruf waw. Jadi apakah huruf waw itu tidak sengaja tertulis disana? Tentu saja bukan begitu. Lalu apa fungsinya satu huruf tersebut?

Begini, huruf waw itu dalam ilmu Al-Quran disebut sebagai waw samaniyah, atau "waw kedelapan" dimana jika ada ayat yang memperlihatkan waw ini, dapat dipastikan sesuatu yang sedang dijelaskan dalam ayat tersebut jumlahnya delapan.

Jadi adanya waw dalam ayat 73 menunjukkan bahwa pintu surga ada delapan. Sedangkan pada ayat sebelumnya tanpa huruf waw disana berarti pintu neraka jumlahnya bukan delapan. Subhanallah. Tidakkah hal ini sungguh menakjubkan?

Hadist Rasulullah memperkuat lagi penjelasan ini bahwa pintu surga memang berjumlah delapan, sedangkan neraka jumlahnya tujuh pintu.

“Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al-Quran ? Kalau kiranya Al-Quran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya.” (An Nisa: 82)

Semoga kita semua selalu mencintai dan memuliakan Al-Quran, dan terlindung dari orang-orang yang merendahkan dan menistakan Al-Quran. Amiin.

Salam Hijrah.
⏰ Waktunya bangun dan berubah dari tidur panjang kita!

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Link here | Link here | Link here
Copyright © 2014. Media Belajar Jurnalistik - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Published by Cargam Template
Proudly powered by Blogger